Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Leak Itu Menyakiti?


Leak merupakan ilmu kuno yang diwariskan oleh leluhur di Bali. Pada jaman sekarang orang bertanya-tanya, benarkah leak itu ada? benarkah leak itu menyakiti?. Secara umum leak itu tidak menyakiti, leak itu proses ilmu yang cukup bagus bagi yang berminat, ilmu leak mempunya etika-etika sendiri, tidak gampang dipelajari dan dibutuhkan kemampuan yang prima untuk mempelajarinya. Di masyarakat Bali leak sering dianggap menyakiti bahkan bisa membunuh manusia, padahal tidaknya seperti itu. Ilmu leak juga seperti halnya ilmu kebathinan yang lain yang terdapat di lontar-lontar kuno Bali.

Dahulu leak tidak semua orang boleh mempelajari ilmu leak, karena ilmu leak leak merupakan ilmu yang cukup rahasia sebagai pertahanan serangan dari musuh. Biasanya ilmu leak dipelajari oleh raja-raja dan para petinggi raja disertai bawahannya untuk tujuan sebagai pertahanan dari musuh-musuh. Orang-orang yang belajar ilmu leak memilih tempat rahasia karena sifat dan cara belajar ilmu leak ini memang rahasia. Jadi tidak sembarangan orang yang mempelajari. Saat ini ilmu leak telah berkembang sesuai jaman esensinya dalam penerapan, jelas ilmu leak tidak menyakiti. Yang menyakiti itu ilmu teluh atau nerangjana, inilah ilmu yang bersifat negatif, khusus untuk menyakiti orang karena beberapa hal seperti balas dendam, iri hati, ingin lebih unggul, inilah ilmu yang disebut pengiwa. Ilmu pengiwa yang berkembang dimasyarakat inilah yang sering dicap sebagai ilmu leak.

Jadi leak memang ada sesuai dengan tingkatan ilmunya termasuk dengan endih leak. Endih leak muncul pada saat mereka(yang belajar ilmu leak) sedang latihan atau bercengkrama dengan leak lainnya, biasanya endih(nyala) leak muncul saat tengah malam dan pada hari tertentu saja. Endih leak bisa berupa fisik atau jnananya(rohnya) sendiri, bagi orang yang baru belajar leak endih itu biasanya lidah. Dalam menjalankan ilmu leak dibutuhkan upacara namun bagi orang yang menggunakan sukma atau intisari jiwa ilmu leak.

Bentuk endih leak bermacam-macam sesuai dengan tingkatannya ada yang seperti bola, kurungan ayam tergantung pakem(etika) yang dipakai. Endih leak tidak sama dengan sinar penerangan lainnya, kalau endih leak biasanya berjalan sesuai dengan arah mata angin, kelap-kelip tidak seperti sinar/penerangan lainnya. Endih leak juga lebih dari satu warna, memiliki sifat gelombang elektromagnetik mempunyai daya magnet.

Dengan demikian leak tidak menyakiti orang yang kebetulan melihatnya, tidak perlu was-was, bersikap sewajarnya saja, ucapkanlah nama-nama Tuhan, endih leak tidak menyebabkan panas karena bersifat niskala(maya) dan tidak dapat dijamah/disentuh.

Artikel terkait:

  1. Ilmu Leak dapat diwariskan
  2. Tentang Ilmu Leak
  3. Leak dan Kuburan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: