Paduarsana

Berbagi Tentang Semua Hal

Upacara Nunas Ica, terkait Virus Corona


Beredar surat edaran tentang upacara nunas ica dibawah ini adalah mantra untuk nasi wong wongan yang akan dihaturkan tgl 2 April 2020. Postingan ini disadur dari FB Global Dewata. Semoga bermanfaat. Dan semoga kita semua senantiasa dalam wara nugraha Sang Hyang Widhi Wasa.

Tujuan menghaturkan banten pejati di masing-masing sanggah kemulan dan menghaturkan nasi wong-wongan di lebuh, memiliki makna tertentu. nyuh gadang biasanya digunakan saat menghaturkan durmanggala (penetralisir secara niskala), sedangkan bungkak nyuh gading untuk prayascita (pembersihan niskala).

“Sekarang kepada siapa memohon?. Di masing-masing rumah ada kemulan taksu, di sana menghaturkan pejati dengan bungkak nyuh gadang untuk menghilangkan kadurmangalan. Pada saat Sasih Kanem, mara bahaya datang ke jagat Bali. Bhutakala akan memangsa manusia. Maka di sana akan terjadi dialog orang yang akan dimangsa itu bisa digantikan dengan nasi wong- wongan dengan warnanya masing-masing,”

Sesuai surat edaran tersebut, Kamis (2/4) setiap rumah menghaturkan banten pejati dilengkapi bungkak nyuh gadang atau bungkak nyuh gading. Sedangkan di lebuh pekarangan menghaturkan nasi wong-wongan, ulam bawang jahe dan uyah, beralaskan muncuk daun pisang dengan ketentuan, bagian kepala nasi wong-wongan berwarna putih, tangan kanan warna merah, tangan kiri warna kuning, badan manca warna dan kaki warna hitam .

“Nasi wong-wongan itu dihaturkan di lebuh angkul-angkul, sedangkan di kemulan taksu menghaturkan pejati. Di lebuh fungsinya menyetop agar bhuta yang hendak menyakiti pemilik rumah tidak masuk dan kita berlindung kepada Betara Hyang Guru dengan sarana pejati tersebut. Hyang Guru simbol Siwa, Siwa suami dari Bhatari Durga. Sedangkan bhuta yang hendak memangsa itu adalah anak buah dari Siwa.

Untuk Pejati yang dihaturkan di pemerajan atau di Bhatara Hyang Guru mantranya. “Ong Pakulun Ratu Bhetara Hyang Guru (Kamulan) tiyang …..(nama yang nganteb) ngaturang canang sebit sari, minakadi ajengan lan kejangkepin dening canang sari, pinake bhakti tiyang lan keluarga. Kebakaran antuk manah suci nirmala, tiyang lan keluarga nunas kerahayuan lan kerahajengan tur luput saking trimala pancamala lan dasamala rawuhing kaberebehan jagat sekadi mangkin minàkadi pandemi Covid-19 virus korona lan kacuntakan sane tyosan. Akidik aturang manusañta nanging akeh pinunasnia, astungkara pakulun micayang manut ring pinunas lan pengaptin tiyang lan keluarga sami. Antuk paswecan pakulun, tiyang lan keluarga ngaturang suksma ning manah. Om Sidhir Astu Tad Asthu Nama Swaha.

Om Tryam Bhakam Ya Jamahe, Sugandhim Pasti Wardhana, Urwarrukham Siwa Bandanat, Mriryor Muksya Mammritham.

Om Sarwa Lara Wighna, Sarwa Klesa, Sarwa Rogha Winasa Ya Namah Swaha

Om Anugrah Manohara, Dewadhatta nugraha, Arcanam sarwa pujanam, Namo namah nugrahakham.

Om Dewa Dewi maha siddhi, Yadnya Nirmala, Atmakham Laksmi, Siddhisca Dirgahayu, Nirwighna suka wredischa.

Om Ksama Swamam Maha Dewa Sampurna Ya Nama Swaha.

Sedangkan mantra untuk di lebuh, yaitu menghaturkan wong-wongan sebagai berikut :

Ih… Ta kite Sang Bhuta Kala (di Lebuh) manusañta angaturaken badi wong -wongan pinaka larapan bhakti manusañta. Enak ta kite amuktyaken, asing kurang asing luput haywa ta kite silik-ugik, uwuhin manusañta kerahayuan kedirgayusan. Abih manusañta lemah peteng selid sanje ring darat ring toyo ring udara. Ebek danuh ebek segara bhaktanmu. Dohakena manusañta saking kaberebehan jagat sekadi mangkin. Pomo pomo pomo (sambil ayabang lan metaluh arak-tuak-berem).

Utawi Mantra sane sederhana:

Iki sang kala bucari
Sang kala bala lan sang kala raja ..
Kita tan wenang nadah i manusa
Iki tetadahan nia
Pasegehan wong wongan
Usan mangan usan minum kita budal ke genah soang soang tan patut kita ngrubeda ring mercapada…
Poma poma poma..

Nb: Dados mantra sesontengan, untengnyane nunas RAHAYU

Bagi yg meyakini silahkan lakukan ritual sesuai dgn keyakinan yg tulus…bagi sane ten yakin sampunan meboye.

INGAT TUHAN MENCIPTAKAN, TUHAN JUGA AKAN MELEBURNYA

Semoga sami rahayu, jagat Bali, Indonesia lan Dunia
Imanusa wantah berusaha ida sane matutang

SUKSME
Sesuai penjelasan dari WAKIL KETUA PHDI BALI
Pinandita Ketut Pasek Swastika

Hari Raya Nyepi 2020 Saka 1942


Hari Raya Nyepi tahun 2020 jatuh pada tanggal 25 Maret 2020. Dalam kelender Bali Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1942 jatuh pada tanggal 1 bulan kedasa (ke-sepuluh).

Image by: PHDI

Hari Raya Nyepi adalah hari peringatan tahun baru bagi umat Hindu atas naiknya raja kanishka di India pada tahun 78 Masehi. Naiknya raja kanishka yang berasal dari sekte minoritas dan berhasil membuat seluruh sekter yang di India setara dan disatukan dianggap sebagai sebuah kelahiran. Kelahiran Agama Hindu yang harmonis. Hari Raya Nyepi juga disebut sebagai Tahun Baru Isaka dan dirayakan oleh seluruh umat Hindu di Dunia namun pelaksanaannya sesuai dengan tradisi setempat dan geografis umat Hindu itu berada.

Di Bali, dalam pelaksanaannya Hari Raya Nyepi terdapat empat hal yang dilarang yang disebut Catur Brata Penyepian. Empat larangan tersebut yaitu:
1. Amati Gni, Tidak menyalakan api.
2. Amati Karya, Tidak bekerja, beraktifitas
3. Amati Lelungan, Tidak bepergian atau melakukan perjalanan
4. Amati Lelanguan, Tidak mencari kesenangan atau hiburan.

Ke-empat larangan ini merupakan esensi dari perayaan Nyepi di Indonesia.

Pada tahun 78 Masehi di India, banyak terjadi perang antar raja dan sekte yang ada di sana. Untuk perang dan perkelahian antar sekte, jika terdapat satu sekte yang berkuasa, maka sekte lain akan ditekan. Setelah adanya seorang raja yang berasal dari minoritas bernama Raja Kanishka, peperangan dan perkelahian tersebut kian berkurang hingga akhirnya berhenti. Kendati bernama Kanishka, namun Raja Kanishka lebih dikenal sebagai Raja Isaka inilah cikal bakal disebutnya tahun baru saka.

Diolah dari berbagai sumber.

Setting WiFi dan Printer Kitchen di Canggu


Ada sebuah restaurant baru di canggu yang akan segera buka di bulan Desember 2019. Ownernya dari surabaya menghubungi kami jika kami bisa mensupport beberapa pekerjaan, antara lain setting dan optimize WiFi dan setting IP Kitchen Printer di restaurant dengan konsep laci-laci pada interiornya ini. Pekerjaan instalasi WiFi sebelumnya di kerjakan oleh tim dari surabaya, mungkin karena pertimbangan jarak dan after jobs services maka kami dipercaya untuk mensupport pekerjaan ini. Setelah site survei dilokasi kami pun bersemangat mengirimkan penawaran harga.

Beberapa hari setelahnya sang owner yang masih belia itu pun menkonfirmasi bahwa pekerjaan sudah bisa dilakukan. Hari pertama kami fokus pada setting IP Bar dan Kitchen Printer jenis printer yang dipakai adalah Epson Thermal TM-T82 pada hari yang sama vendor POS system pun diundang untuk melakukan testing printer yang sudah kami setting IP Addressnya. Hari pertama misi setting IP Printer dan Test Printing berhasil dengan sempurna. Keesokan harinya kami lanjutkan dengan Setting WiFi, Access Point Relokasi dan Upgrade Firmware. Oh Ya untuk reastaurant hanya ada 2 access point di Bar area dan di lantai 2. Kedua Access Point menggunakan Unify LR series. Pemindahan Access Point ini membutuhkan sambungan kabel UTP, kami pun melakukan penarikan kabel sambungan ke arah titik yang sudah ditentukan. kabel tentu saja lewat diatas ceiling.

Di kitchen area kami melakukan penarikan kabel UTP untuk kitchen printer maklum tidak ada tarikan kabel sebelumnya. Pekerjaan lanjutan upgrade firmware dan testing wifi signal coverage bersama owner.

Jika anda butuh support saat akan membuka kantor, restaurant dll. kami dengan senang hati akan membantu anda untuk mempersiapkan sarana IT diperusahaan anda. Data Piranti Utama adalah penyedia jasa layanan IT dan akan menjadi partner baik anda dalam menjalankan bisnis.

Segera hubungi hotline kami: 085738355909 atau email: contact@datapirantiutama.co

%d bloggers like this: