Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Memulai Yoga


Welas asih dan kebaikan adalah titik berangkat yang terbaik untuk semua jalan yoga. Apapun jalan yoga yang kita rasa paling sesuai untuk diri kita sendiri [bhakti yoga, raja yoga, shakti yoga, dll] kita harus memulainya dengan dasar welas asih dan kebaikan. Karena tanpa pondasi dasar welas asih dan kebaikan kepada semua mahluk, semua jalan yoga bisa menyesatkan dan berbahaya.

BHAKTI YOGA
Kalau kita sering-sering bertengkar dengan orang tua, tidak cocok dengan tetangga, konflik dengan keluarga, suka bikin ribut, suka menyalah-nyalahkan orang lain, serakah, dll, itu pertanda kita “sakit” secara spiritual. Dan obat penyembuhan terbaik di jalan dharma adalah welas asih dan kebaikan kita untuk orang lain dan mahluk lain.

RAJA YOGA – Asana
Sehingga mengawali yoga, kita mulai dengan suatu tekad, kita melaksanakan yoga tidak hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga melaksanakan yoga untuk semua mahluk. Dengan yoga bathin kita menjadi damai, tenang-seimbang dan bahagia, serta kecenderungan negatif kita seperti kemarahan, kebencian, kesombongan, dll, akan jauh berkurang.

Yoga, The goal of practicing yoga is to achieve good physical health and to attain inner peace both mentally and spiritually.

Dengan lebih sedikit marah dan benci, kita lebih sedikit melukai hati dan perasaan mahluk lain. Dengan lebih rendah hati, kita bisa menghormati orang lain dan menghormati perbedaan secara lebih baik. Dengan lebih sedikit serakah, kita lebih sedikit membuat orang lain menderita. Dengan lebih tenang-seimbang, kita lebih sedikit membunuh nyamuk dan serangga, dll-nya. Dengan kata lain, kembali ke awal, yoga kita mulai dengan suatu tekad, kita melaksanakan yoga tidak hanya untuk diri kita sendiri tapi sekaligus juga untuk semua mahluk.

SHAKTI YOGA – Avadhuta Digambara
Kapan saja kita akan memulai yoga : melakukan asana dan duduk meditasi [raja yoga], sembahyang dan upakara [bhakti yoga], melaksanakan svadharma [karma yoga], menjadi pengendali energi [shakti yoga], dll, ingat baik-baik, kita melaksanakan yoga tidak hanya untuk diri kita sendiri tapi sekaligus juga untuk semua mahluk. Tidak saja untuk kedamaian diri kita sendiri, tapi juga kedamaian mahluk lain.

Dengan mempraktekkan yoga, istri, anak, pembantu, dan bawahan di kantor, lebih sedikit kena marah oleh kita. Dengan mempraktekkan yoga, kita bisa menolong, membantu dan melayani orang lain dengan lebih baik.

RAJA YOGA – Dhyana [meditasi]
Jangan mempraktekkan yoga dengan tujuan untuk memperoleh uang, dikagumi, dihormati, disegani, orang nurut sama kita, mendapat pengalaman hebat atau menjadi yang hebat-hebat, dll. Karena dengan demikian semua jalan yoga bisa menyesatkan dan berbahaya.

Praktekkan-lah yoga agar kita menjadi sabar, rendah hati, penuh welas asih, dll. Karena dengan demikian kita bisa melakukan banyak kebaikan-kebaikan dan bisa membuat orang lain bahagia. Kita bisa mengurangi penderitaan para mahluk. Tidak membalas bentakan orang tua, tidak marah pada suami-istri yang marah, tidak menyakiti anak yang nakal, tidak melawan pada yang merendahkan kita, dll, itu semua sudah mengurangi penderitaan orang lain.

Karena di puncak yoga, tidak ada hal yang lain selain bathin yang tenang-seimbang, bathin yang bebas dari sad ripu serta sikap yang penuh welas asih dan kebaikan.

Terima kasih kepada:

  1. Rumah Dharma Indonesia

Artikel Terkait:

  1. Memahami Yoga
  2. Mengenal Kundalini
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: