Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Mantra Tryambakam


OM TRYAMBAKAM YAJAMAHE SUGANDHIM PUSHTIVARDHANAM;
URVAARUKAMIVA BANDHANAAN MRITYORMUKSHEEYA MAAMRITAAT.

Mantra Tryambakam ditemukan oleh Rsi Markandeya. Merupakan Mantra rahasia, dan Rsi Markandeya adalah satu-satunya di dunia yang tahu mantra ini. Mantram ini ditujukan kepada Rudra sebagai Mrityunjaya ditemukan dalam Kitab Rig-Weda. Mantra ini memiliki banyak nama dan bentuk, disebut mantra Rudra mengacu kepada Dewa Siwa, Tryambakan mengacu kepada Tiga Mata Siwa, kadang dikenal juga sebagai mantra Mrita-Sanjivini. Maha Mrityunjaya mantram ini dipuji oleh orang bijak sebagai jantung dari Veda. Seiring dengan Mantra Gayatri memegang tempat tertinggi di antara mantra yang digunakan untuk kontemplasi dan meditasi.

Arti Mantra Tryambakam: Bermata Tiga, Kita bermeditasi kepada-Mu, Yang menembus dan memelihara semua seperti wewangian. Semoga kita dibebaskan dari kekuatan penyakit, perbudakan dan kematian demi keabadian.

Mantra Tryambakam disebut juga dengan Mantra Maha-Mertyunjaya (Mrityunjaya) adalah mantra untuk pangurip (anuggrah jiwa-kehidupan). Disamping itu, mantra tersebut mempunyai daya perlindungan yang besar, penyakit-penyakit yang dinyatakan tak tertangani secara medis (dokter), dapat diobati dengan mantra ini, apabila mantra di-uncar-kan (disebutkan secara manasika, upamsu maupun vacika) dengan sungguh-sungguh, jujur dan taat. Mantra tersebut merupakan senjata melawan penyakit-penyakit serta menaklukan kematian.

Mantra Tryambakam/Mantra Mrityunjaya adalah juga mantra-moksha, mantra-Nya Siwa. Selain untuk memohon berkah mohksha, mantra itu juga memohon kesehatan (Arogya), panjang umur (Dirgha Yusa), kedamaian (shanty), kekayaan (Aiswarya), kemakmuran (Pushti), dan memuaskan (Tushti).

Advertisements

11 responses to “Mantra Tryambakam

  1. ita yuliani hindu jawa dari lampung April 28, 2013 at 4:33 am

    Gayatri mantra di ucapkan sebanyak 108 x.terus untuk mretiunjay maha dewa berapa x ?…
    Dan di waktu kapan kita bisa mengucapkan mantra mretiunjay maha dewa?….
    Dan apakah dalam keadaan sakit terbaring di tempat tidur boleh mengucapkanya?…
    Apakah persaratanya untuk bisa mengucapkan mantra tersebut!,,,

  2. admin April 29, 2013 at 4:38 am

    Saya belum menemukan referensi yang menyatakan berapa kali harus diucapkan, namun jika dibaca kembali artikel diatas, Mantra Tryambakam digunakan untuk kontemplasi dan meditasi. Sepanjang kita mampu fokus dalam keadaan apapun mantram ini dapat diucapkan. terima kasih.

  3. manacikapura August 6, 2013 at 2:42 am

    suksma atas penjelasannya, ijin copas

  4. Sujanto September 21, 2013 at 1:06 am

    Tlg bimbingan.brapa kali stiap menjapa mantra tryambakam?,tiap menjapa di waktu2 jam brapa?.tlg bimbingan via sms ke nmer 087711942840

  5. i putu teguh m September 28, 2013 at 5:52 pm

    MOHON PETUNJUN MANTRAM UNTK MENGUSIR SETAN MENURUT HINDU APA YA….

    • admin February 18, 2016 at 1:07 am

      setau saya tidak ada mantram untuk mengusir setan. yang ada mantram untuk mengusir rasa takut. mantram untuk memohon perlindungan dari marabahaya.

  6. Luh Mas February 24, 2016 at 2:56 am

    Dalam Hindu kita tidak diajarkan untuk memerangi orang lain, mahluk lain dan hal-hal lain tapi lebih kepada mengendalikan diri dalam menghadapi hidup

    • admin February 24, 2016 at 5:36 am

      Om Swasty Astu, Ya Benar.
      Hindu dengan TAT TWAM ASI, dengan jelas mengajarkan untuk saling mengasihi satu sama lainnya. Hindu dengan TRI HITA KARANA dengan lugas mengajarkan kita untuk selalu menjaga keseimbangan hubungan kita dengan Tuhan, manusia dengan sesamnya, dan Manusia dengan Alam.

      • komang ardana October 31, 2016 at 1:18 am

        Disini hanya terlulis mantramnya,tidak berssma artinya,tolong di terjemah kan agar semuat sedarma bisa mengerti,artinya suksme

  7. Putu mertayasa May 24, 2016 at 12:26 am

    Om swastiastu semeton ttyng dengan adanya impo mntram yng di atas sangatlah penting untuk melindungi diri bersama keluarga dan tujuan hidup yng sederhana,dalam mntram itu ambil hikmahnya bahwa kita harus saling menjaga apa lagi di luwar pandangan kita,menurut saya atow pemahan saya,bukan setan yng kita usir dari pandangan melainkan sipat setan yng muncul dalam diri kita lah yng mestinya di usir dari dalam tubuh,katena tubuh kita memiliki bayangan di situ adalah dimana tuhan memungsikan sebagai memori card disitu tersimpan file file perbuatan kita, sejauh kita melupakan bayangan yng tak pernah kita pandang ,namun sejauh itu pula kita merenungkan ny,a kita hanya bisa merenungkan dengan tulus melalui meditasi dan mantram ini adalah sumber dari segala pengampunan dan kedamaian untuk menemukan ketenangan batin,sukseme saya aturkan krpada semeton,jika ada kata yng kurang salah dlm tyng pahami,cuma satu kekwatan tyng wantah pengampure,0m santi santi santi 0m.

  8. rose December 8, 2016 at 3:43 am

    Suksme min

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: