Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Cara Melakukan Japa Mantra Tryambakam


Pada artikel sebelumnya kita tau dari mana Mantram Tryambakam berasal dan bagaimana kedudukannya. Selain Berjapa Gayatri Mantram kita juga dianjurkan untuk melakukan Japa Mantra Tryambakam karena sangat baik untuk kontemplasi dan meditas. Bagaimana idealnya memulai Japa Mantra Tryambakam?

Putri kami yang baru berumur 6 tahun setiap hari mengucapkan Mantra Tryambakan menjelang tidur tentu diawali dengan Doa Sebelum Tidur. Di berbagai belahan dunia banyak periset telah menjadikan mantra Maha Mrityunjaya ini sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Tidak ada batasan untuk siapa yang bisa belajar dan berlatih mantra ini, juga tidak perlu memeluk mitologi seputar mantra agar bisa menggunakannya. Hanya dibutuhkan kesungguhan dan niat suci untuk menghormati mantram ini.

Berikut adalah bagaimana memulainya:

  1. Langkah pertama adalah belajar melafalkan mantra dengan benar. Meskipun mungkin tampak lama, hanya ada tiga puluh dua suku kata dan bisa dipelajari dengan usaha yang sederhana. Pengulangan lambat dikombinasikan dengan peninjauan makna kata-kata individual akan membantu dalam mengingatnya.
  2. Setelah mantra dipelajari, bawalah ke dalam pikiran saat Anda memulai meditasi harian Anda, sebagai sebuah doa untuk latihan normal Anda.
  3. Setelah menenangkan tubuh dan napas, lakukan 3, 11, 21, atau bahkan 36 pembacaan, dan biarkan pikiran Anda terserap dalam suara dan irama setiap baris. Biarkan mantra menarik kesadaran Anda ke pusat jantung atau pusat alis, mana yang terasa paling alami bagi Anda, dan gunakan pusat itu sebagai titik pusat kesadaran Anda. Jika Anda mengucapkan mantra untuk membantu masalah kesehatan, fokuskan kesadaran Anda di pusar.

Pada titik tertentu Anda mungkin ingin melakukan lebih banyak pengulangan dalam jangka waktu tertentu. Ada banyak alasan untuk melakukan hal ini, misal:

  1. Kita sedang mengalami masa kesehatan yang buruk atau energi rendah;
  2. Ingin mencari rasa aman atau percaya diri yang lebih dalam;
  3. Saat merasa stres akibat terbebani oleh kejadian atau keterikatan dalam hidup kita
  4. Menghadapi kematian, dll.

Seringkali seseorang melakukan Japa Mantra apapun itu karena dipicu oleh masalah kesehatan dll seperti tersebut diatas daripada keinginan untuk menjadi bagian dari  kedamaian hati, padahal mantra sangat baik untuk meningkatkan kualitas kepribadian yang memberi makna bagi kehidupan kita.

Menggunakan mala (serangkaian 108 manik) sangat disarankan untuk mengontrol latihan Japa Mantra ini. Hitungan satu mala lengkap sebagai 100 kali pengulangan mantra. Praktik yang memuaskan adalah menyelesaikan 8.000 pengulangan dalam 40 hari. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan satu mala di pagi hari dan satu di malam hari.

Selamat berlatih, latihan dengan kesungguhan tentu akan menghasilkan hal yang baik.

**diolah dari berbagai sumber

Artikel lain:

  1. Doa Sehari-hari Agama Hindu
  2. Mantram untuk Ista Dewata
  3. Cara Sembahyang Agama Hindu
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: