Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Kalteng Ikuti Festival Seni Kegamaan Hindu


PALANGKA RAYA, KOMPAS.com–Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti Festival Seni Keagamaan Hindu tingkat nasional ke-II di Yogyakarta, 25-29 September 2012.

“Kontingen Kalteng berangkat sebanyak 45 orang untuk mengikuti kegiatan lomba musik tradisional setempat, lomba ritual, lomba musik vokal instrumen, lomba tari kreasi keagamaan dan lomba tari topeng,”kata Kepala Bidang Urusan Agama Kementerian Agama Kalteng, Supiani di Palangka Raya, Senin.

Dijelaskannya, festival seni keagamaan Hindu merupakan kegiatan lomba seni yang bersifat sakral yang menjadi pendukung kegiatan upacara atau ritual keagamaan Hindu berupa musik tradisi atau tari serta dapat memberikan fibrasi dalam upaya meningkatkan rasa keberagamaan umat Hindu.

Tujuan kegiatan untuk menggali dan mentradisikan atau membudayakan seni keagamaan yang telah ada sejak zaman dulu serta untuk meningkatkan nilai-nilai estestika sehingga terbentuk kepribadian yang lemah lembut dan memiliki karakter kebangasaan.

Kalteng yang memiliki corak tradisi yang berbeda dengan daerah lain, ikut berpartisipasi mengikuti seluruh kegiatan, sehingga masyarakat mengetahui, Hindu di Kalteng memiliki seni keagamaan yang klasik.

Selain itu memiliki citra yang berbeda serta adanya kekuatan alam yang menyatu dalam kegiatan seni ritual keagamaannya.

Namun hal yang terpenting, ucapnya, Kalteng dapat memberikan gambaran seni keberagaman Hindu kepada masyarakat seluruh Indonesia atau wisatawan, yakni Kalteng memiliki seni bernafaskan Hindu berbeda dengan daerah lain.

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang menyatakan, melalui ajang festival ini, diharapkan meningkatkan kebersamaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai keagamaan di tengah keberagaman agama saat ini.

“Saya mengajak kita semua agar mendoakan masing-masing kelompok ini dapat mengikuti lomba secara maksimal dan menampilkan yang terbaik,”ucapnya.

Untuk itu ia mengimbau dan berharap agar kontingen yang berangkat dapat menjaga dan memelihara kebersamaan dan kekompakan serta menjaga nama daerah.

Ia meminta, agar para kontingen dapat tampil maksimal, sehingga bisa memperoleh hasil yang terbaik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: