Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Cetak Kalender Bali 2013


 

Kehidupan Umat Hindu(suku: Bali) dimanapun berada tidak bisa dilepaskan dari Kalender Bali, Bisa dibilang Kalender Bali sangat istimewa karena penanggalan Kalender Bali adalah penanggalan “konvensi”. Tidak astronomis seperti penanggalan hijriah, tidak pula aritmatis seperti penanggalan Jawa, tetapi ‘kira-kira’ ada di antara keduanya.

Kalender Saka Bali tidak sama dengan Kalender Saka dari India, namun kalender Saka yang sudah dimodifikasi dan diberi tambahan elemen-elemen lokal. Kalender Saka Bali bisa dikatakan merupakan penanggalan syamsiah-kamariah (surya-candra) atau luni-solar. Jadi penanggalan ini berdasarkan posisi matahari dan sekaligus bulan. Dikatakan konvensi atau kompromistis, karena sepanjang perjalanan tarikhnya masih dibicarakan bagaimana cara perhitungannya.

Dalam kompromi sudah disepakati bahwa: 1 hari candra = 1 hari surya. Kenyataannya 1 hari candra tidak sama dengan panjang dari 1 hari surya. Untuk itu setiap 63 hari (9 wuku) ditetapkan satu hari-surya yang nilainya sama dengan dua hari-candra. Hari ini dinamakan pangunalatri. Hal ini tidak sulit diterapkan dalam teori aritmatika. Derajat ketelitiannya cukup bagus, hanya memerlukan 1 hari kabisat dalam seratusan tahun.

Banyak informasi yang berkaitan dengan hari baik dan buruk, rerahinan dan odalan/upacara dapat diperoleh pada kalender Bali. Informasi-informasi inilah yang tidak mungkin didapatkan dari kalender pada umumnya. Bagi pengunjung yang ingin memesan / mencetak kalender Bali sebagai media promosi usaha(toko, koperasi dll)dapat menghubungi saya via email padu.arsana@gmail.com atau dapat juga melalui comment dibawah.

Tahun lalu KSU Dharma Karya Sejahtera yang ada di Oku Timur, Sumatera Selatan juga melakukan pemesanan 250 pcs kalender Bali. Selain sebagai media promosi ini tentu menunjukkan kepedulian koperasi tersebut kepada semeton Hindu(Bali) agar tidak ketinggalan informasi mengenai dewasa ayu yang erat kaitanya dengan upacara agama. Kalender Bali dapat dipesan dengan KOP atau logo perusahaan dengan ketentuan, sebagai berikut:

  1. Harga satuan tidak sama tergantung penyusun dari kalender tersebut silahkan kirim email: untuk mendapatkan pricelist(daftar harga) berdasarkan penyusun.
  2. Harga tidak termasuk ongkos kirim(diluar Bali). Biaya pengiriman adalah fix berdasarkan harga dari jasa pengiriman(tiki,kantor pos dll)
  3. Minimal pesanan 100 pcs(kalender).
  4. Melakukan pembayaran 50% sebagai uang muka(untuk pemesan didalam kota) dan pembayaran 100% bagi pesanan diluar kota.

Layanan Jasa ini berasaskan: Kejujuran dan Kepercayaan dari paduarsana.com.

 

 

 

 

Advertisements

One response to “Cetak Kalender Bali 2013

  1. karya September 20, 2012 at 4:46 am

    Tahun ini kami pesan sebanyak 250 kalender pak, tapi penyusun Bangbang Gde Rawi ya pak. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: