Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Upacara Upasaksi


Upacare upaksaksi adalah pernyataan persaksian kepada Hyang Widhi yang bertujuan untuk menyatakan kebenaran perbuatan seseorang baik dimasa lampau maupun dimasa yang akan datang.

Bentuk-bentuk dan pelaksanaan upacara upasaksi:

  1. Upasaksi Sumpah jabatan, adalah upasaksi dalam hubunganya dengan jabatan yang akan dipangku oleh seseorang(biasanya PNS, TNI/POLRI. Dilakukan oleh pejabat yang ditunjuk dengan sikap Dewa Prestistha untuk sipil dan sikap sempurna untuk TNI/POLRI. Dengan didampingi oleh seorang rokhaniawan berdiri disisi kiri. sarana yang digunakan adalah dupa, air suci, canang sari dan daksina. Mantramnya: OM atah paramiwisesa.(saya bersumpah sesuai dengan sumpah yang telah ditentukan).
  2. Upasaksi/Sumpah di Pengadilan adalah sumpah yang dilakukan yang berhubungan dengan suatu perkara(sebagai saksi terdakwa dll). Dilakukan oleh pejabat yang ditunjuk dengan sikap Dewa Prestistha.
  3. Upasaksi/Sumpah dalam bentur cor(Berhubungan dengan penguatan pengakuan adalah sumpah yang mempergunakan sarana mantram aricandani. Dilakukan di tempat suci dengan berpakaian adat setempat, sarana upacara sesuaikan dengan kondisi setempat.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: