Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Upacara Melasti Umat Hindu Banjarmasin


Informasi Melasti dari Tanah Bumbu Sungai Loban – Upacara Melasti di Kabupaten Tanah Bumbu tahun ini dilaksanakan oleh Umat Hindu dari Tanah Bumbu, Kotabaru, Pelaihari, Banjarmasin dan Banjarbaru.

Image By: Sukadana Ajiex

Sebanyak 21 Rombongan Desa Adat se Kalimantan Selatan beserta 4 Balai Adat Dayak menghadiri dan mengikuti Prosesi Melasti yang dilaksanakan di Pantai Madani Tanjung Batu Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (14/3/2018).

Melasti skope Provinsi ini dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan ceremonial dan prosesi ritual. Ceremonial diisi dengan penampilan pentas kesenian beleganjur dan tarian oleh karang taruna dari desa adat dibarengi iringan parade kostum budaya nusantara (didukung oleh pihak ketiga) untuk memperkenalkan Pantai Madani sebagai Destinasi Wisata Seni Budaya dengan kekayaan alam gugusan terumbu karang di dalamnya.
Prosesi Ritual diisi dengan melaksanakan persembahyangan bersama oleh ribuan umat hindu yang tumpah ruah memadati Pantai Madani.

Untuk dua tahun terakhir yakni tahun Anggaran 2017 dan 2018 acara Melasti telah didukung penuh oleh Pemkab Tanah Bumbu menjadi Program Daerah dengan nama kegiatan WISATA RELIGIUS BUDAYA MELASTI melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata.

Acara dihadiri oleh unsur Muspida yakni Bupati Tanah Bumbu beserta Rombongan, Unsur DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, Unsur Muspika yakni Camat Sungai Loban, Kapolsek dan Danramil, Ketua Parisada Provinsi, Pembimmas Hindu Kemenag Kanwil Provinsi, para undangan baik dari Perusahaan, para Kepala Desa dan lain-lain.

Tahun 2018 ini Kepanitiaan Melasti dipercayakan kepada Desa Adat dan Desa Dinas Kerta Buwana Kecamatan Sungai Loban. Sebelumnya tahun 2017 kepanitiaan dilaksanakan oleh Desa Adat dan Desa Dinas Wanasari.
Dua Desa ini merupakan basis Umat Hindu di Kabupaten Tanah Bumbu, disamping itu tempat Melasti yang telah dihibahkan oleh Bapak Mardani H.Maming kepada Umat melalui Parisada Kabupaten berlokasi di Pantai Madani yang terletak di Desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban ini lebih dekat ditempuh oleh dua desa ini.

Terima kasih : Sukadana Ajiex

Artikel terkait:

  1. Hari Raya Nyepi
  2. Upacara Melasti
  3. Banten Hari Raya Nyepi
  4. Sanggah Cucuk dan Tawur Agung Kesanga
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: