Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Pura Goa Lawah


Pura Goa Lawah terletak di Klungkung Bali tepatnya Desa Pesinggahan di Kecamatan Dawan, tidaklah sulit untuk menemukan lokasi Pura Goa Lawah secara pura ini berada tepat di pinggir jalan artei antara Kota Semarapura(Ibu Kota Klungkung) atau jalur semarapura-amlapura kurang lebih 49km. Pura Goa Lawah merupakan salah satu dari enam Pura Sad Kahyangan atau Pura Kahyangan Jagat sebagai tempat ber-sthana-nya Ida Sang Hyang Basukih dan Dewa Maheswara, dihuni ribuan kelelawar.

Menurut mitologi yang disuratkan dalam lontar prekempa, dikisahkan bahwa saat terjadi bencana kekeringan yang dhasyat, Dewa Siwa mengutus Sang Hyang Tri Murti untuk menyelmatkan bumi. Dewa Brahma turun menjemal menjadi naga Ananta Bhoga. Dewa Wisnu menjelma menjadi sebagai naga Basuki. Dewa Iswara menjadi naga Taksaka.

Selanjutnya, naga Basuki terlentang dengan kepala menghadap ke tenggara. Sebagian kepala naga Basuki tercelup ke laut untuk menggerakan samudera agar menguap menjadi mendung. Nah, kepala naga Basuki ini kemudian disimbolkan dengan Pura Goa Lawah. Sedangkan ekornya yang menjuntai menjelma menjadi hutan yang sangat lebat. Oleh masyarakat Bali, daerah yang dianggap sebagai ujung ekor naga Basuki didirikan Pura Goa Raja {salah satu pura dalam kompleks Pura Besakih}. Sebagian masyarakat Bali percaya bahwa pada zaman dulu gua di Pura Goa Raja tembus di Pura Goa Lawah. Namun karena gempa dahsyat pada tahun 1917, gua itu tertutup reruntuhan Bumi.
Di luar mitologi tersebut, sumber-sumber kuno mengatakan bahwa Pura Goa Lawah dibangun atas inisiatif Mpu Kuturan pada abad ke XI dan dipugar untuk diperluas pada abad ke XV.

Pujawali atau piodalan di Pura Goa Lawah jatuh pada setiap Anggara Kasih Medangsia.Biasanya pada bulan-bulan baik, sasih ayu dan hari-hari baik-rahina subhadiwasa, umat Hindu banyak berdatangan ketempat ini. Di Pura ini umat Hindu melakukan upacara Nyegara Gunung, karena lokasinya berada ditepi laut dan diperbukitan atau gunung. Hanya beberapa meter disebelah selatan pura terdapat pantai sedangkan gunung itu sendiri diwakili oleh perbukitan dimana pura dan goa ini berlokasi. Pura ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena keberadaan goa kelelawarnya sendiri serta bangunan pura dan kegiatan umat bersembahyang. Area parkirnya yang luas serta adanya wantilan membuat tempat ini menjadi tempat persinggahan favorite bagi pemedek atau wisatawan yang melewati jalur ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: