Paduarsana

Berbagi Tentang Semua Hal

Pura Agung Jagatnatha


Bagi penduduk Kota Denpasar pasti tidak asing dengan Pura Agung Jagatnatha, pura yang terletak di pusat kota Denpasar ini merupakan pura tempat pemujaan Sang Hyang Widhi dalam manifestasiNya sebagai Sang Hyang Jagat Natha (**penguasa Jagad Raya). Bagi umat Hindu yang belum pernah ke Pura Jagatnatha pura ini sangat mudah ditemukan, pergilah ke alun-alun kota Denpasar atau yang lebih dikenal dengan Lapangan Puputan Badung, terletak di Jalan Mayor Wisnu Denpasar, tepat disebelah utara Museum Bali.

Piodalan di Pura Agung Jagatnatha berlangsung sekali dalam setahun tepatnya pada Purnama Sasih Kalima.Upakara yang diaturkan dalam pujawali umumnya nyatur rebah dan di penataran Padmasana digelar caru rsi Gana, Biasanya pada saat pujawali(nyejer selama tiga hari) dan dipuput oleh sejumlah sulinggih yang ada di Denpasar.

Selain saat piodalan, umat Hindu pedek tanggil ke Pura Agung Jagatnatha setiap Purnama dan Tilem. Umat juga melakukan persembahyangan saat hari-hari besar keagamaan seperti Galungan, Kuningan, Saraswati, Pagerwesi dan Siwaratri. Pada hari raya Galungan beberapa media selalu terlihat sibuk meliput persembahyangan umat Hindu.

2 responses to “Pura Agung Jagatnatha

  1. I Wayan Rentanu May 23, 2015 at 2:57 am

    Puranya disebelah lapangan puputan itu ya pak?

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.