Advertisements

Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Pura Hindu di Karanganyar Jawa Tengah


PURA SEDALEMAN
Alamat : Dukuh Siwalan, Desa Munggur, Kec. Mojogedang. Rute mencapai pura ini relative mudah apabila kita melintas jalan dari Solo ke arah Sragen kita akan memasuki tugu perbatasan Kabupaten Karanganyar dengan Kabupaten Sragen dengan bangunan gading gajah dan patung seorang ibu sedang membk (mirip dengan patung di pasar Kleco Surakarta). Di situ juga terdapat jembatan sungai Grompol, 50 meter setelah jembatan belok kanan menuju ke alamat. Jarak tempuh dari sini kurang lebih 30 menit, namun hati hati karena struktur tanah yang labil menjadikan aspal di jalan ini kadang berlobang. Setelah ketemu SPBU Munggur di kiri jalan kita ambil arah kanan, dan setelah lewat sebuah Sekolah Dasar kita belok kiri sampailah di pura. Di sini pemangkunya Bp Wayan Puja Astawa. Beliau seorang guru agama Hindu dan beristri warga setempat. Jalur lain ke pura ini yaitu tetap lewat jalur Solo – Sragen, namun setelah Grompol kita jalan terus sampai ketemu di pertigaan masaran (tempat berjualan semangka dan melon) ambil kanan sampai tembus SPBU Munggur.

PURA PASEKAN AGUNG

Alamat : Desa Pasekan, Kecamatan Karang Pandan. Pemangku : Ketut Nedeng. Lokasi pura ini berada di jalur Karanganyar ke obyek wisata Tawangmangu yang terkenal dengan Grojogan Sewunya. Setelah pasar Karangpandan kita akan menemui simpangan arah candi Cetho dan Sukuh, kita ambil yang kanan dengan jalan berkelok (2 kali kelokan) kita sudah melihat papan nama kea rah pura. Dari jalan raya hanya 50 meter ke kiri. Dari pura ini kita bisa melihat panorama gunung Lawu di sebelah timur. Udara di sini sudah terasa sejuk. Pura ini merupakan makam Kyai dan Nyai Ageng Pemacekan yang merupakan leluhur orang-orang di Bali. Sebelum dibangun pura ini hanyalah dua buah makam yang dijadikan tempat untuk bermeditasi oleh masyarakat Jawa.

PURA KERTALOKA
Alamat : Desa Menjing, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar. Di terminal Sragen kita ambil jalan ke selatan menuju arah Sambirejo. Selepas wilayah Sambirejo (yang masih wil Sragen) kita akan melewati SMK Jenawi dan sampailah di desa Menjing, kita ambil kiri menaiki bukit dengan jalan yang sudah mampu dilewati mobil.

PURA MARGOMULYO
Alamat : Dk. Kedung Biru RT.08 RW.04 Desa Balong, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar. Di terminal Balong kita belok kiri lewat samping pasar kemudian belok kanan menanjak. Tidak lama pun akan sampai di pura ini.

PURA SARASWATI
Dk. Sumbersari Ds. Trengguli, Kec. Jenawi. Di terminal Sragen kita ambil jalan ke selatan menuju arah Sambirejo. Kemudian terus ke selatan dan kondisi jalan sudah mulai menanjak. Setelah sampai di pusat kota kecamatan Jenawi kita jalan terus 200 an meter. Pura terletak masuk ke kiri 50 an meter dari jalan dekat sungai kecil. Dari kota Sragen juga terdapat beberapa bus kecil sampai terminal Balong. Bus tersebut juga lewat desa Menjing.

PURA LINGGA BHUANA MAHENDRA AGUNG
Alamat: Sedondong, Karanganyar Pemangku : Marto. Setelah desa Balong sekitar 200 m kita akan menemui pertigaan, ambil saja arah kiri. Setelah jalan yang cukup menanjak kita akan ketemu sebuah lapangan, beloklah ke kiri melewati pinggir lapangan dengan kondisi jalan menurun, sebentar lagi kita akan sampai di pura ini.

PURA BUANA AGUNG MAHENDRA JATI
Dukuh Demping, Desa Anggrasmanis, Kec. Jenawi. Pemangku : Romo Djito, dan Romo Widodo. Dari pura LINGGA BHUANA MAHENDRA AGUNG kita meneruskan perjalanan ke pura ini. Jarak tempuh cukup dekat, namun dengan kondisi jalan yang menanjak diperlukan waktu 20 an menit – setengah jam. Pura ini berada di puncak bukit. Tidak jauh dari pura ini kita bisa mampir ke sendang yang disucikan di desa ini. Berkunjung ke pura ini kalau tidak ke sendang terasa belum lengkap.

CANDI CETHO
Desa Gumeng, Kecamatan Ngargoyoso. Untuk mencapai candi ini dari Pura Bhuana Agung Mahendra Jati kita kembali turun ke pertigaan setelah pura SARASWATI kemudian ambil arah selatan. Kanan kiri jalan adalah area kebun teh dengan perkampungan dengan halaman yang dipenuhi oleh pohon cengkeh. Oleh warga sekitar, candi ini dijadikan pura, meski dijadikan obyek wisata, di bagian utama mandala diberi pintu dari besi sehingga kedatangan wisatawan tidak akan mengganggu jalannya persembahyangan. Di atas candi terdapat patung Dewi Saraswati. Kendaraan roda empat bisa langsung menuju gerbang candi, tapi kalau bus alangkah baiknya parkir di lapangan bawah desa Gumeng.

PURA BHINEKA TUNGGAL IKA

Dk. Sepelem, Ds. Kemuning, Kec, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar. Setelah menikmati panorama candi Cetho kita jalan turun tapi jangan ambil arah Balong. Ambillah arah kiri yang masih komplek perkebunan teh. Pura ini berada kanan jalan. Kita tinggal menaiki undakan sekitar 10 meteran. Pura ini bersebelahan dengan pemakaman.

PURA JONGGOL SHANTI LOKA
Dk. Jlono, Ds. Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar.

kebanyakan pura di Karanganyar lokasinya di lereng utara Gunung Lawu. Hanya Pura Pasekan Agung dan Pura Sedaleman yang lokasinya berjauhan.

Pada rute di atas, sebelum terminal Kemuning apabila kita ambil arah kanan kita akan sampai di Batu Jamus kemudian sampai juga ke Pura Sedaleman. Tapi apabila kita lewat depan terminal Kemuning kita akan tembus ke Pura Pasekan Agung di Karangpandan.

Terima kasih: http://haryoto-blog78.blogspot.com

Advertisements

2 responses to “Pura Hindu di Karanganyar Jawa Tengah

  1. Kumara Putra IB. April 4, 2017 at 4:09 am

    banyak maaf penulis sebagai masukan redaksi masih kurang satu lagi Pura yang ada di Kabupaten Karanganyar, tepatnya di Dusun Sambirejo Desa Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kab. Karanganyar yaitu Pura Amerta Santhi (jurusan Karanganyar-Mojogedang-Batujamus tepatnya sebelum Batujamus dari Mojogedang ada kebun karet pertama lalu belok kanan kurang lebih 300 meter dari jalan utama dan sudah ada plang nama di tepi jalan utama) terimaksih

    • admin April 7, 2017 at 12:30 am

      Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat bagi kita semua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: