Paduarsana

Berbagi tentang: Hindu, Bali dan Budayanya.

Mengenal Gayatri Mantram


Gayatri Mantram merupakan ibu dari 4(empat) weda(Rgveda, Yayurveda, Samaveda dan Atharwaveda). Gayatri Mantram terdapat didalam Atharwaveda, mantra ini juga sering disebut sebagai Guru mantram, Savita mantram dan Maha Mantra. Gayatri Mantram adalah mantra yang paling suci diantara mantra. Veda, Upanisad, Purana dan Bhagawad-gita menyatakan bahwa Gayatri Mantram paling suci dan penting. Gayatri Mantram perlu dan penting diucapkan bagi seluruh umat untuk mencapai kebahagiaan dunia dan moksa, begitu pentingnya Gayatri Mantram sehingga Hyang Widhi menurunkan Atharwaveda untuk menjelaskan Gayatri Mantram ini.

Stuta maya varada vedamata pracodayantam pavamani dvijanam.
Ayuh pranam prajam pasum kirtim dravinan brahmawarcasam
Mahyam dattwa vrajata brahmalokam.

Artinya: Gayatri mantram yang diakhiri dengan kata pracodayat, adalah ibunya dari empat veda (Rgveda, Yayurveda, Samaveda, Atharwaveda) dan yang mensucikan semua dosa para dvija. Oleh karena itu saya selalu mengucapkan dan memuja mantram tersebut. Gayatri mantram ini memberikan umur panjang, prana dan keturunan yang baik, pelindung binatang, pemberi kemasyuran, pemberi kekayaan, dan memberi cahaya yang sempurna. Oh Tuhan berikanlah jalan moksa padaku.

Penjelasan:

Dalam mantra di atas dijelaskan bahwa mantra yang berakhir dengan kata “Prachodayat” yang berarti Tuhan Selalu memberikan Karunia-Nya dan selalu melindungi. Jadi mantra dengan akhir Prachodayat yang terdapat dalam Gayatri mantra adalah Mantra Pokok, dalam seluruh Weda. Untuk itu ditetapkan bahwa Gaytri Mantram adalah ibu dari ke empat Weda, dimana seluruh Weda itu berisikan atau lahir untuk memberikan penjelasan tentang Gayatri Mantram. Hal demikian juga terdapat dalam cerita Ramayana. Rsi Walmiki mengambil Gayatri Mantram dari Weda terdapat 24 aksara Gayatri Mantram. Ke 24 aksara tersebut dijelaskan dalam keseluruhan cerita Ramayana.

Dalam mantram tersebut dijelaskan bahwa “Jika seseorang selalu mengucapkan Gayatri Mantram dengan baik segala keinginan yang baik akan selalu dipenuhi.” Hal tersebut terbukti dengan adanya kata “Warhadah” yang berarti seluruh keinginan yang baik bisa dipenuhi melalui dengan Gayatri Mantram tersebut. Gayatri mantram juga menjadi penebus dosa-dosa seseorang yang pernah dilakukan dengan sadar maupun tidak. Sehingga untuk menebus semua dosa bisa dengan berjapa Gayatri Mantram.

Demikian juga para Dwija akan menjadi suci dengan ucapan Gayatri Mantram. Dwija juga berarti lahir yang kedua kali, yaitu pertama dari Ibu dan yang kedua kali dari guru. Karena sang guru “Melahirkan” kita dengan memberikan kita pengetahuan untuk mencapai Moksa. Lebih lanjut dijelaskan jika seseorang setiap hari mengucapkan Gayatri Mantram, maka dia akan mendapatkan umur panjang, Prana yang sehat, keturunan yang cerdas dan sehat, tidak akan mendapat gangguan dari mahluk lain, mendapat nama baik (berkenalan dalam masyarakat), diberkati kekayaan, dan selalu akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirnya akan mendapatkan Moksa.

Gayatri Mantram adalah bait pertama dari Puja Tri Sandhya yang kita selalu kita lakukan setiap hari.

Om Bhur Bhuvah Svah, tat savitur varenyam, bhargo devasya dimahi dhiyo yo nah pracodayat.

Artinya:

Tuhan adalah bhùr svah. Kita memusatkan pikiran pada kecemerlangan dan kemuliaan Hyang Widhi, Semoga Ia berikan semangat pikiran kita.

About these ads

2 responses to “Mengenal Gayatri Mantram

  1. Pingback: Sikap Sembahyang Dalam Hindu | Paduarsana

  2. Pingback: Mantra Sakral Jika Anda Ada Dalam Kegelisahan | Blog CrewKita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers

%d bloggers like this: